Seminar Pengembangan Kelompok Usaha Mandiri di Desa Tambah Mulyo – Pati

KBC Dalam Acara “Seminar Pengembangan Kelompok Usaha Mandiri” di Desa Tambah Mulyo – PatiPati – Strategi dalam dunia usaha kecil perlu ditingkatkan dalam memenangkan persaingan. Menanggapi hal itu, Kelompok Mahasiswa KKN UMK 2013 menggelar ‘Seminar Pengembangan Kelompok Usaha Mandiri‘ di desa Tambah Mulyo, Pati, Sabtu (7/9). Seminar itu diadakan di balai desa, dengan dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Mulyono (Akademisi Universitas Muria Kudus), Sutiyoso MM (kepala dinas perindustrian Pati) dan Rio Mukti, Reno Abdilah Wiranata dan Tri Wahyu dari Kudus Blogger Community.

Hal yang perlu ditingkatkan dari usaha pembangunan bisnis lokal adalah pentingnya menerapkan strategi di kalangan pengusaha. Strategi sering dilakukan namun tidak dipahami secara benar dan efisien. ‘Strategi perlu diaplikasikan dalam dunia usaha lokal, jika ingin memenangkan persaingan pasar,’ kata Mulyono, mahasiswa semester 7 UMK.

Ada banyak strategi yang bisa diaplikasikan dalam dunia usaha umumnya. Diantara strategi yang perlu ditingkatkan terdapat empat strategi yang perlu di garis bawahi. Diantaranya (1) strategi stabil, (2) strategi pertumbuhan, (3) strategi penciutan dan (4) strategi kombinasi. Pertama, Strategi stabil merupakan tindakan organisasi dengan cara mempertahankan strategi yang telah ada karena dianggap sudah baik dan tidak perlu ada perubahan.

Kedua, strategi pertumbuhan adalah strategi siklus. Strategi ini membaginya ke dalam tiga bagian yakni strategi internal, strategi eksternal dan strategi ekspansi. Ketiga, strategi penciutan merupakan strategi yang mengurangi kegiatan dan meningkatkan efisiens. Keempat, strategi kombinasi merupakan strategi yang menggabungkan dari ketiga strategi diatas.

Untuk memenangkan persaingan bisnis membutuhkan komitmen dalam menjalankan strategi diatas. Strategi yang pas untuk dunia usaha UKM idealnya disesuaikan dengan kondisi UKM yang miliki.

Setelah menerapkan aplikasi strategi diatas hal yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi strategi tersebut. Strategi mempunyai kelemahan dan keunggulan dalam pengaplikasiannya. Untuk itu evaluasi yang dilakukan akan menutup kelemahan dan meningkatkan keunggulan dari aplikasi strategi. [Sugeng Prayitno]


Ngadimin situs KBC ini. Tugasnya mengelola situs ini luar dalam. Siapakah saya?

No comments.

Leave a Reply