Meriahnya Pelatihan Youtube Partner Coaching Clinic

Blogger Kudus – Yup, seperti yang sudah kita informasikan sebelumnya mengenai Project kita tahun ini dengan title KUDUS BLOGGER COACHING PROJECT, akhirnya untuk project pertama yaitu Youtube Partner Coaching Clinic telah selesai. Dengan semangat dan kerja keras rekan-rekan yang tak sia-sia, acara yang dilaksanakan selama 2 pertemuan ini dirasa cukup menggembirakan.

Pelatihan Youtube yang dilaksanakan di Laboratorium Prodi Sistem Informatika Universitas Muria Kudus ini berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan. Jika anda membaca postingan kita di Kudus Blogger Coaching Project tentu tahu bahwa kami mencoba menggali potensi dari anggota untuk menjadi pengajar, sebab mengajar itu tidak gampang. Pintar itu belum tentu bisa mengajari sebab ada hal-hal yang perlu dimiliki oleh seseorang untuk dapat mengajarkan sehingga bisa terserap apa yang diajarkan dengan baik sesuai dengan makna yang sebenarnya. Kalau ada yang bilang mengajar itu gampang, kenapa dalam perkuliahan ada jurusan pendidikan? jurusan pendidikan bahasa inggris misalnya, beda dengan jurusan bahasa inggris. Karena yang menggunakan embel-embel pendidikan arahnya adalah mengajarkan. Dosen kedokteran paham ilmunya dokter, tapi dia nggak buka praktek tuh di rumahnya. Anda ambil jurusan apa? sudahlah, daripada postingan ini ngelantur, kita kembali ke benang merah.

Acara ini dimulai pada sore hari, di hari jumat(katanya hari keberkahan) pada tanggal 24 Ferbruari 2017 dan hari kedua tanggal 3 Maret 2017 lalu. Nah, kita langsung saja bahas mengenai acara yang sudah kita laksanakan yaitu project pertama, Youtube Partner Coaching Clinic

Pelatihan Youtube Clinic

Di hari pertama, sebelum masuk ke materi, ada beberapa sambutan dari Pihak KBC(blogger kudus-red) dalam hal ini mewakili penanggung jawab acara, kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan Prodi SI UMK. Masuk ke materi, seperti biasa pengenalan singkat mengenai sistematika mendapatkan uang dari Youtube.

Sebelumnya perlu dikenalkan dulu Pemateri… eh Coach untuk Youtube Partner ini yaitu Mas Yusuf Eko yang dalam hal ini bagian dari Youtube Partner Id Kudus. Secara relasi, beliau juga termasuk aktif mengikuti kegiatan KBC sehingga juga merupakan bagian dari KBC. mas Yusuf ini asli Kudus sehingga kita pilih sebagai Pemateri sesuai dengan latar belakang acara ini yaitu dari Kudus untuk Kudus.

Dimulai dengan pengenalan konsep dan teknik bermain Youtube, pengenalan setingan Youtube Channel, dan juga fitur-fitur di Youtube yang belum banyak diketahui oleh orang. Selanjutnya dilanjutkan dengan teknik menghindari Copyright, teknik menghindari suspend channel, juga diberikan materi trik mencari kata kunci jenis video yang memiliki relativitas viewer tinggi dengan kemungkinan pesaing yang masih minim. Nyesel kan lu kagak ikut 😛

Adzan Maghrib berkumandang, saatnay break sholat dan istirahat. Usai istirahat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Nah, ini yang seru. Dari tanya jawab ini menghasilkan beberapa materi bonus atau tambahan yang sebenarnya tidak ada dalam rute pembelajaran. Berarti benar kata pepatah, malu bertanya… sesat di depan mantan. Intinya, pada sesi tanya jawab ini banyak sekali trik dan teknik yang fresh dan sesuai dengan kondisi saat ini. Keren abis pokoknya.

Sebelum menutup pelatihan hari pertama, sang Coach memberikan Pe-Er untuk peserta, yaitu membuat channel baru dan mengupload 5 video sesuai dengan tema yang dipilih masing-masing. Agar pertemuan berikutnya dapat dianalisa. 

Dan benar, di pertemuan berikutnya yaitu tanggal 3 Maret, lebih banyak membahas mengenai troubleshooting dan problemantika yang dihadapi dari masing-masing peserta. Keren gak tuh, udah kayak les privat(Ah elu sih, les privat ikutnya les balet, gue dong… les biola). Setiap peserta memiliki permasalahan masing-masing. Mulai dari channel suspend, video blocked, sampai banned akun hingga adsense-nya. Nah dari permasalahan-permasalahan ini dibahas oleh sang Coach, tepatnya oleh teman-teman dari Youtube Partner Kudus karena beberapa permasalahan juga dialami oleh teman-teman dari Youtube Partner Kudus sehingga seperti berbagi penderitaan.. eh berbagi pengalaman.

Setelah acara selesai, tak lupa kita memberikan penghargaan bagi Coach sebagai tanda menjadi relawan dalam mencerdaskan anak bangsa (dan ikut menjaga perdamaian dunia?!???). Penyerahan plakat dari KBC kita wakilkan kepada pihak Prodi SI UMK selaku fasilitator.

Acara selanjutnya, akhirnya…. kita bisa juga jadi anak alay… kemudian kita poto-potot cing….

Gimana? asik kan? nah buat yang berminat mengikuti rangkaian kegiatan COACHING PROJECT kita, pantengin terus sosial media kita agar tak ketinggalan, jangan lupa juga bookmark situs kita ini. karena sebentar lagi akan kita buka pendaftaran untuk Blogging High Traffic Coaching Clinic yang akan diasuh oleh orang Kudus juga tentunya. Keep stay and enjoy with our community.

 

No comments.

Leave a Reply