KBC Ngobrol Bisnis Bersama Hariyanto Arbi Perintis Fly Power

Masih ingat dengan Hariyanto Arbi? Yap, mantan atlet bulu tangkis Nasional ini memang berbeda dengan yang lain. Jika para atlet lain ketika berhenti biasanya beralih menjadi Coach atau pelatih di bidang olahraga yang digelutinya, beliau memilih jalur bisnis yang masih dalam bidang olahraga yang digelutinya. Atlet Bulu Tangkis yang pernah mengharumkan nama bangsa di era 90an ini memang berasal dari Kudus. Nah, kemarin menjelang acara Kaskus Kudus Marathon 2017 dan beliau berpartisipasi di dalamnya, Komunitas Blogger Kudus berkesempatan berbincang dengan beliau dalam konsep ngobrol bisnis. Dengan kesempatan terbatas ini kita bersama Harian Suara Merdeka mengajak Hariyanto Arbi berbagi ilmu bisnis dan seputarnya. Acara ini ternyata menghadirkan juga pelaku Start-up bisnis yaitu Owner dari bantucari.co.id yang berasal asli dari Kudus. Mas Rizaq namanya. Beliau merupakan creator situs jual beli bantucari.co.id yang saat ini berfokus pada properti. 

 

Acara Ngobrol Bisnis bareng Mas Hariyanto Arbi kita selenggarakan di Kafe RATU Kuliner KUDUS pada malam Sabtu tanggal 22 Septerber 2017 lalu. Kegiatan yang berkonsep ngobrol santai ini dihadiri seluruh element dari komunitas KBC termasuk penggiat Blogger, Penggiat Youtube, Penggiat Android, dan terutama bagi pelaku bisnis online marketing yang ingin mendapatkan ilmu bisnis dari CEO brand FlyPower ini.

Kudus Blogger Ngobrol Bisnis Bareng Mas Hariyanto Arbi

Acara Ngobrol dimulai pukul 19.30 dengan diawali Live Accoustic dari band lokal kudus. Tepat pukul 20.00 acara dibuka oleh pembawa acara dari Suara Merdeka yang segera mempersilahkan mas Hariyanto Arbi untuk berbagi pengalaman. Beliau sedikit bercerita tentang latar belakang terjun ke dunia bisnis khususnya mengawali bisnis di bidang alat olahraga. Berawal di usia 28 tahun beliau keluar dari Pelatnas, dan sang istri mengutarakan keinginannya agar beliau mendapatkan pekerjaan yang tidak harus meninggalkan keluarga. Seiring dengan keinginan tersebut dan bermodal pengalamannya sebagai atlet yang sudah mendunia mewakili indonesia, datang tawaran dari Taiwan untuk membuat sepatu olahraga khususnya bagi cabang bulu tangkis. Tanpa modal pengalaman bisnis, tanpa modal pengalaman berdagang, akhirnya tawaran itu diterimanya. Dan benar, keputusan ini dirasa tepat karena setelah 4 tahun berjalan produknya mulai berkembang dengan nama  FlyPower Arbi.

Di tahun berikutnya, FlyPower di indonesia juga ikut mengalami perkembangan walaupun belum bisa sesukses untuk penjualan ke luar negeri. Secara presentasi sekitar 70% dan 30% di indonesia. Meski membawa nama Arbi dan bisa dibilang usahanya cukup sukses, untuk mencapai hal ini ternyata banyak rintangan yang sudah dilaluinya seperti permintaan barang yang cepat namun pembayaran yang sulit mengingat yang melakukan order adalah teman atau pelatihnya dahulu.

 

Nama FlyPower sendiri memiliki arti yang sangat filosofis. Fly yang berarti terbang, Power yang memiliki makna kekuatan, diharapkan bahwa produknya mampu terbang tinggi dengan kekuatan yang besar. Hal ini juga selaras dengan produk untuk bulu tangkis yang bisa dimaknai dengan Smash atau kekuatan pukulan melayang. Itulah sekilas sharing dari Mas Hariyanto Arbi.

 

Sebelum masuk ke sesi tanya jawab, Mas Rizaq selaku Owner dari start-up bisnis bantucari juga berbagi pengalamannya. Nah, ini yang juga menarik karena beberapa anggota KBC juga ada yang pernah melakukan start-up. Beliau berbagi pengalaman lebih ke arah konsep dan segmentasi dari bantucari.co.id itu sendiri. Bagaimana jatuh bangunnya membangun start-up, bagaimana meyakinkan klien, dan bagaimana melakukan management untuk sebuah bisnis yang baru didirikan. Situs bantucari.co.id sendiri adalah sebuah wadah untuk membantu pencari rumah dan juga membantu penjual rumah untuk saling menemukan kebutuhannya. Selain itu saat ini bantucari juga memiliki beberapa produk lain seperti bantucari TV dan juga media cetak untuk mendukung media dari bantucari.co.id.

 

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. beberapa anggota Komunitas Blogger Kudus antusias bertanya kepada keduanya baik pertanyaan di masing-masing atau satu pertanyaan yang perlu dijawab oleh keduanya. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan diantaranya:

  • Ketika ingin memulai usaha dengan modal sedikit, bagaimana meyakinkan produsen untuk bekerjasama?
  • Apa yang perlu diwaspadai bagi pemula yang ingin berbisnis?
  • Apa tips untuk tidak goyah saat apa yang dibayangkan tidak sesuai dengan kenyataan?
  • dan beberapa pertanyaan umum namun bersifat pada kesiapan mental terjun ke dunia usaha

Ada beberapa poin menarik dari ngobrol bisnis di malam itu yang bisa kita ambil intisarinya, antara lain :

  • Jika ingin berbisnis, apa bisnis yang paling cocok? bisnis yang paling cocok adalah bisnis yang dijalankan. Banyak anak muda yang ingin berbisnis tapi tidak segera memulainya (Hariyanto Arbi)
  • Dalam membangun sebuah usaha, Sedikit lebih beda itu lebih bagus daripada sedikit lebih baik (M. Rizaq)
  • Jika ingin melakukan suatu usaha, jangan pernah takut bersaing atau takut ada saingan (M. Rizaq)
  • Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang sesuai dengan potensimu, baik dari segi hoby atau passionmu (Hariyanto Arbi)

 

Sebelum acara selesai, bagi penanya diberikan souvenir dari produk FlyPower seperti Flashdisk dan kaos. Kami juga sempat berfoto bersama sebelum mengakhiri acara.

Selanjutnya acara ditutup dengan live accoustic kembali. Meski acara sudah selesai, kami sempat ngobrol sebangku dengan mas harianto Arbi dan juga mas Rizaq untuk lebih detail mengenai bisnis. Banyak hal yang kita dapatkan malam itu khususnya pelajaran berharga dan mahal tak sekedar teori melainkan pengalaman dari sang mantan atlet yang pernah membawa nama Indonesia di kancah dunia yang berasal dari Kota Kretek, Kudus.

Terima kasih untuk Hariyanto Arbi, M. Rizaq dan bantucari team, Suara Merdeka team, juga untuk semua anggota Komunitas Blogger Kudus yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Juga kepada Ratu Kuliner yang sering kita ganggu untuk acara kita. Semoga ke depan akan ada lagi acara serupa dengan durasi yang lebih panjang, Yang kemarin kurang lama cing…. Salam.

 

 


Blogger, Writer, Designer

No comments.

Leave a Reply