KBC Menjadi Bagian dari Blogger Nusantara 2013 di Jogja

Blogger Nusantara merupakan acara kopdar nasional yang dihadiri oleh blogger diberbagai wilayah di Indonesia.

Blogger Nusantara sudah 3 kali diselenggarakan. Dimulai pada tahun 2011, bertempat di kota Sidoarjo, Blogger Nusantara untuk pertama kalinya diselenggarakan. Lalu pada tahun 2012 diselenggarakan di kota Makassar. Dan Blogger Nusantara yang ketiga ini diadakan di kota Jogja pada tanggal 30 November 2013 – 1 Desember 2013.

Logo Blogger Nusantara 2013 Jogja #BN2013

Awal mulanya Blogger Nusantara 2013 yang disingkat menjadi BN2013 ini direncanakan diselenggarakan di Pagelaran Keraton Jogjakarta. Karena suatu hal yang mendadak dari pihak Keraton, acara dialihkan ke Joglo Abang.

Joglo Abang merupakan suatu Rumah Budaya di Dusun Gombang, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, yang biasanya dijadikan tempat berkumpul komunitas tertentu. Komunitas Blogger Jogja sendiri sering mengadakan acara disini.

Dinamakan Joglo Abang mungkin karena bangunannya khas Joglo dan didominasi dengan cat warna merah tua.

Joglo Abang

Joglo Abang (pic: jogloabang.com)

Berbagai komunitas blogger di berbagai kota hadir untuk ikut menjadi bagian dari BN2013, tak terkecuali Komunitas Blogger dari kota Kudus, yaitu KBC (Kudus Blogger Community) sendiri. Tidak ada biaya untuk menjadi peserta BN2013. Penginapan dan makan sudah disediakan gratis dari panitia. Namun bagi peserta di luar Jogja, untuk transportasi menuju ke Jogja ditanggung sendiri oleh peserta.

14 orang dalam rombongan KBC ikut untuk memeriahkan BN2013 di Jogja. Mereka adalah Galuh Ristyanto, Rio Mukti, Reno Abdila Wiranata, Tri Wahyu Budi Utomo, Dody Kurniadi, Dedi Setiawan, Deny Sofyan Budi Cahyo, Andika Setiawan, Afroni Fawzi, Moch Harun, Adi Tri, Fendi Yusuf, Abidin, dan Vian Febrian.

Kami berangkat naik bus Jum’at siang setelah sholat Jum’at dari Terminal Kudus. Kami naik bus yang transit di Terminal Terboyo Semarang untuk selanjutnya ganti bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Jogja.

Namun ada 1 orang yaitu Tri Wahyu yang tidak ikut dalam rombongan berangkat bersama dari Kudus. Karena dia sudah berada di Jogja. Dia sendiri adalah mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jogja. Jadi wajar saja kalau dia sudah lebih dulu berada di Jogja.

Tiba di Jogja tepatnya di Terimal Jombor, kami disambut dengan suasana malam Jogja. Kami melanjutkan perjalanan menuju ke tempat penginapan yang disediakan oleh panitia, yaitu di Edu Hostel dengan menggunakan TransJogja. Namun karena ada perubahan rencana dari panitia mengenai penginapan bagi peserta BN2013, Edu Hostel diperuntukkan bagi peserta cewek. Peserta cowok ditempatkan di penginapan di daerah Prawirotaman.

100_070

Sewaktu di Edu Hostel. Berkenalan dengan blogger Banjarmasin (yang tengah).

Berhubung kami ke acara BN2013 dengan kendaraan umum, otomatis untuk transportasi menuju ke penginapan di daerah Prawirotaman, kami gak punya pilihan. Syukurlah pihak panitia cukup memperhatikan peserta dengan mengantarkan kami ke lokasi penginapan.

Sesampainya di penginapan di daerah Prawirotaman, kami registrasi ulang, dan menempati kamar masing-masing. Rasa lelah selama perjalanan dari Kudus ke Jogja gak membuat kami langsung istirahat begitu saja. Sampai larut malam kami masih berkumpul mengobrol bersama dengan blogger dari daerah lain.

Hari Pertama BN2013 (30 November 2013)

Kami bersiap menuju ke lokasi utama BN2013 diselenggarakan yaitu di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Namun secara mendadak, acaranya dipindahkan ke Joglo Abang. Hal ini dikarenakan ada sedikit masalah dengan pihak Keraton yang pada akhirnya BN2013 tidak bisa diselenggarakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

100_0716

Menunggu bus jemputan ke Joglo Abang

Menuju ke Joglo Abang, pihak panitia menyediakan transport berupa bus bobrok yang bisa mengangkut sekitar 20an orang. Maaf menyebutnya dengan bus bobrok, karena emang bus kota yang rata-rata bobrok sih. Yah yang penting nyampe dilokasi, gratis lagi hahahahaha :v

Menuju ke Joglo Abang, ternyata tempatnya cukup masuk ke dalam perkampungan, jauh banget dari lokasi penginapan.

Sesampainya di Joglo Abang, kami registrasi kembali. Setelah kursi yang disediakan panitia BN2013 penuh ditempati peserta, acara utama BN2013 pun dimulai.

Beberapa pembicara satu persatu mengisi acara BN2013. Pertunjukan hiburan dan kuis berhadiah tak luput dalam bagian acara BN2013. Selama acara berlangsung, jujur kami bosan. Peserta lain juga terlihat bosan.

20131130_101154

Waktu di Joglo Abang

Acara utama BN2013 berakhir pada sore hari. Panitia BN2013 memberikan keleluasaan buat peserta untuk tetap tinggal di Joglo Abang untuk menikmati hiburan yang ada atau ingin jalan-jalan ke Malioboro menikmati suasana malam kota Jogja.

Transportasi berupa mobil disediakan panitia untuk mengangkut peserta menuju Malioboro. Kami diantar sampai di jalan Sarkem (Pasar Kembang). Pak sopir memberi tahu kami nantinya akan dijemput di titik nol kilometer Jogja, tepatnya di persimpangan Kantor Pos Besar, atau di perempatan ujung Jalan Malioboro.

Malam itu kami menikmati suasana malam Jogja, kami menyusuri sepanjang jalan Malioboro yang menjadi salah satu icon wisata kota Jogja, foto-foto, makan gudeg di warung lesehan pinggir jalan, dan tentu saja beli souvenir dan oleh-oleh khas Jogja.

100_0763

Jalan Malioboro Jogja

Puas jalan-jalan, akhirnya jemputan pak sopir datang juga.

Kami diantar menuju ke sebuah desa wisata bernama Tembi. Desa Wisata nan asri menyajikan wisata pedesaan. Pihak panitia BN2013 memberikan kami penginapan di malam kedua selama di Jogja di desa Tembi. Kami Home Stay di rumah warga desa Tembi, lebih tepatnya sih di garasi rumah :-/ . Rombongan KBC mendapat penginapan di salah satu ketua RT di desa Tembi.

Sesampainya di penginapan, kami gak langsung istirahat, malah main kartu ‘Poker‘ sampai tengah malam. Gak ada capek-capeknya lah.

Hari Kedua BN2013 (1 Desember 2013)

DSC_3541

Garasi warga tembi yang kami tempati

Paginya di penginapan di desa Tembi, kami disuguhkan sarapan di salah satu rumah warga berupa nasi pecel yang porsinya banyak banget. Butuh perjuangan buat ngehabisin seporsi nasi pecel yang disuguhkan. Otomatis perut dipaksa kenyang sekenyang-kenyangnya. Sayang, gak sempet foto seperti apa porsi nasi pecelnya.

Setelah kenyang menikmati sarapan nasi pecel porsi jumbo. Kami berkemas-kemas menuju salah satu lapangan untuk mengikuti acara BN2013 selanjutnya. Acara hari kedua BN2013 ini menyuguhkan berbagai macam kegiatan seperti games, turnamen, panggung orasi, sarasehan dan talkshow tanya jawab.

Sebelum acara kedua dimulai, kami sempatkan membubuhkan tanda tanagn di spanduk yang sepertinya memang disediakan untuk tujuan mengumpulkan tanda tangan para peseta BN2013.

100_0826

Foto bareng Blogger Rembang

Di hari kedua BN2013 kami sepakat untuk tidak ikut dan menggantinya dengan jalan-jalan menikmati sisa waktu di Jogja. Kami sepakat untuk jalan-jalan ke Museum Benteng Vredeburg. Awalnya kami ingin ke Pantai Parangtritis, berhubung waktu yang mepet, kami putuskan untuk jalan-jalan di wilayah kota yang juga deket dengan shelter TransJogja untuk transport menuju Terminal Jombor.

Sebelum menuju ke Meseum Benteng Vredeburg, kami minta ijin dan konfirmasi ke panitia BN2013 dan minta tolong untuk disediakan transportasi menuju ke Museum Benteng Vredeburg. Pada akhirnya kami diantar oleh pak sopir yang sebelumnya mengantar kami ke Malioboro semalam.

Selama di Museum Benteng Vredeburg, kami menyusuri setiap spot lokasi. Tentu saja tak ketinggalan disertai foto-foto.

100_0869

Foto bersama di Museum Benteng Vredeburg

Setelah puas berkeliling di komplek Museum Benteng Vredeburg, kami melanjutkan perjalanan ke Terminal Jombor dengan menggunakan TransJogja.

Sesampainya di TransJogja, tentu saja kami melanjutkan perjalanan pulang menuju Kudus. Tak semuanya pulang ke Kudus. Galuh Ristyanto tetap tinggal di Jogja. Dia tak ikut bersama-sama teman KBC lainnya untuk pulang ke Kudus karena ada urusan di Jogja. Namun esok harinya dia pulang sendiri ke Kudus.

Begitulah pengalaman kami selama mengikuti acara BN2013 di Jogja. Banyak hal yang kami dapatkan, diantaranya: jalan-jalan bareng ke tempat yang belum pernah dikunjungi, bertemu dengan teman-teman blogger dari daerah lain, bertemu dengan teman blogger yang sebelumnya hanya dikenal lewat sosial media, seneng-seneng bareng. Pengalaman selama di Jogja ini bersama teman-teman KBC adalah salah satu pengalaman hidup yang terukir dalam sejarah hidup kami.

Selain itu, kami senang menjadi bagian dari Blogger Nusantara 2013. Semoga di tahun 2014, kami (KBC) masih berkesempatan untuk menjadi bagian dari Blogger Nusantara 2014 yang entah nantinya akan diselenggarakan dimana.

KBC #BN2013

Tulisan ini dibuat oleh Galuh Ristyanto pada tanggal 16 Agustus 2014 dengan mengingat kembali memori yang tersisa selama mengikuti BN2013 di Jogja.


Bukan perokok. Seorang blogger pemalas dan juga mahasiswa bangkotan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja. Merupakan warga Kudus keturunan (bokap Kudus, nyokap Purwodadi). Menjagokan tim Real Madrid dan PSG setiap kali bermain PES 2013. Lebih suka berada di balik layar. Sedang berusaha sembuh dari penyakit geek akut. Selalu mencatat suatu hal, karena sering lupa. Tipikal orang yang setia, setia menjomblo :v

No comments.

Leave a Reply